ADDRESS

500 Cherry St.
Sacramento, CA 95661

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Prosesor Baru untuk Komputer Desktop

Prosesor adalah salah satu bagian terpenting dari komputer. Berperilaku seperti "otak" komputer, memilah informasi. Setiap kunci stoke, klik atau perintah diproses oleh CPU (Computer Processing Unit) dan diurutkan, mengirimkan sumber daya ke berbagai komponen untuk memenuhi instruksi Anda. Ketika memilih komputer desktop semakin baik prosesor, semakin baik kinerjanya

Berikut adalah dua faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat membeli prosesor baru

1. Jumlah core

Sejak pertengahan 2000-an, prosesor komputer sekarang mengandung beberapa inti pemrosesan. Definisi CPU multicore adalah prosesor dengan dua atau lebih inti independen yang membaca dan menjalankan instruksi program. Untuk menggunakan contoh, prosesor inti tunggal standar seperti jalan jalur tunggal dan prosesor inti ganda seperti jalan tol, memungkinkan informasi diproses lebih cepat tanpa ada kemacetan (atau informasi yang menunggu untuk diproses). Semakin banyak inti prosesor Anda, semakin cepat komputer Anda. Saat ini, ada banyak prosesor di luar sana yang memiliki 2, 4 atau 6 core seperti Intel I-Core dan rentang AMD Phenom.

2. Kecepatan Jam

Kecepatan clock (Diukur dalam gigahertz) adalah kecepatan yang dijalankan oleh prosesor komputer. Ketika memilih prosesor baru, semakin tinggi kecepatannya, semakin cepat prosesor akan bekerja. Kebanyakan prosesor yang ada di pasaran saat ini umumnya berkisar antara 2GHz hingga 3GHz. Terlepas dari jumlah inti dalam prosesor, kecepatan clock adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika berbelanja untuk prosesor baru.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan

1. Hyper Threading

Hyper threading adalah teknologi Intel yang meningkatkan kinerja setiap inti pemrosesan dengan memungkinkan sistem Operasi (komputer) untuk menggunakan dua prosesor virtual per inti. Teknologi ini, seperti pengolahan Multicore, telah dikembangkan untuk meningkatkan kinerja prosesor ketika melakukan banyak tugas sekaligus. Membeli CPU dengan teknologi ini dapat berjalan antara 15-30% lebih cepat (menurut Intel). Hyper Threading tersedia pada jajaran prosesor Intel terbaru seperti rentang I-core.

2. Ukuran Cache

Cache prosesor komputer digunakan untuk mengurangi waktu rata-rata untuk mengakses memori. Seperti RAM (Random Access Memory, komponen lain di komputer) cache menyimpan salinan data yang paling sering digunakan oleh prosesor untuk mempercepat waktu yang diperlukan untuk memproses instruksi. Semakin besar cache CPU, semakin banyak informasi yang dapat diakses prosesor lebih cepat berarti komputer yang lebih cepat.

3. Jenis soket

Ketika membeli prosesor baru untuk upgrade atau versi baru, Anda perlu memperhatikan jenis soket agar dapat masuk ke dalam motherboard Anda. Untuk setiap merek atau rentang CPU, ia akan menggunakan jenis soket khusus yang akan cocok dengan papan induk untuk memungkinkannya sesuai dan berfungsi dengan benar. Informasi ini dapat ditemukan pada spesifikasi produk pada prosesor dan motherboard. Membeli prosesor dengan gaya soket yang berbeda ke papan induk (dan sebaliknya) akan meninggalkan Anda dengan sesuatu yang tidak dapat Anda gunakan.

4. Overclocking

Overclocking adalah proses meningkatkan kemampuan beban kerja dari prosesor komputer untuk meningkatkan kinerja. Populer dengan gamer, overclocking dicapai dengan mengubah bios komputer agar prosesor lebih cepat dari yang direkomendasikan manufaktur. Salah satu kelemahan dari overclocking komputer Anda dapat meningkatkan panas keluar dari prosesor Anda. Untuk memastikan Anda tidak merusak komputer Anda, Anda perlu meningkatkan pendinginan dan ventilasi di dalam casing untuk memastikan CPU tidak melebihi suhu operasi yang disarankan (ditetapkan oleh manufaktur). Anda juga dapat membatalkan garansi dengan pembuatan CPU.

Untuk menyimpulkan, ketika mencari untuk membeli prosesor komputer baru, Anda perlu mempertimbangkan poin di atas. Sementara semua informasi di atas relevan, faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah jumlah jumlah inti dan kecepatan clock prosesor. Jika Anda mencari prosesor dengan beberapa core dan clock speed yang tinggi, Anda pasti akan membeli CPU yang layak